Statistika (MATEMATIKA)

Tugas Individu
Tema : Statistika
Mapel               : Matematika wajib
Materi pokok     : Penyajian data kelompok
Kelas                : X IPA B
Description: D:\Memory\Download\berwarna_png.png










NAMA       :
1.                       Mitha ayu fatmawati           (17)


PEMERINTAHAN KABUPATEN TUBAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 2 TUBAN
Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 869 Tuban Telp. ( 0356 ) 321 094
Tahun Pelajaran 2014/2015
PENYAJIAN DATA KELOMPOK
a.  Pengertian
Data kelompok adalah data statistik yang tiap-tipa unitnya terdiri dari sekelompok angka.

b.  Penyajian data
Data kelompok merupakan data yang ditulis dalam suatu interval. Data kelompok sering digunakan untuk menyajikan data dalam jumlah banyak/besar.

Ø  Tabel atau daftar distribusi frekuensi data kelompok
Dibawah merupakan contoh tabel distribusi frekuensi data kelompok :
Data tinggi badan 40 siswa
Tinggi badan

Frekuensi

153 - 156
6
157 - 160
9
161 - 164
13
165 - 168
7
169 - 172
5
Jumlah
40
Beberapa istilah yang terdapat dalam tabel distribusi frekuensi data kelompok di atas :
1.       Kelas Interval, merupakan nilai data yang ditulis dalam bentuk interval.
Dari tabel diatas :
153 – 156 (kelas interval ke-1)
157 – 160 (kelas interval ke-2)
161 – 164 (kelas interval ke-3)
165 – 168 (kelas interval ke-4)
169 – 172 (kelas interval ke-5)

2.       Batas Bawah Kelas Interval, merupakan nilai data yang terletak disebelah kiri setiap kelas interval.
Dari tabel diatas :
153 (batas bawah kelas interval ke-1)
157 (batas bawah kelas interval ke-2)
161 (batas bawah kelas interval ke-3)
165 (batas bawah kelas interval ke-4)
169 (batas bawah kelas interval ke-5)

3.       Batas Atas Kelas Interval, merupakan nilai data yang terletak disebelah kanan setiap kelas interval.
Dari tabel diatas :
156 (batas atas kelas interval ke-1)
160 (batas atas kelas interval ke-2)
164 (batas atas kelas interval ke-3)
168 (batas atas kelas interval ke-4)
172 (batas atas kelas interval ke-5)

4.       Tepi bawah kelas interval, merupakan nilai yang diperoleh dari batas bawah dikurangi 0,5 pada setiap kelas interval.
Dari tabel diatas :
153 - 0,5  = 152,5 (tepi bawah kelas interval ke-1)
157 – 0,5 = 156,5 (tepi bawah kelas interval ke-2)
161 – 0,5 = 160,5 (tepi bawah kelas interval ke-3)
165 – 0,5 = 164,5 (tepi bawah kelas interval ke-4)
169 – 0,5 = 168,5 (tepi bawah kelas interval ke-5)

5.       Tepi Atas Kelas Interval, merupakan nilai yang diperoleh dari batas ditambah 0,5 pada setiap kelas interval.
Dari data diatas :
156 + 0,5 = 156,5 (tepi atas kelas interval ke-1)
160 + 0,5 = 160,5 (tepi atas kelas interval ke-2)
164 + 0,5 = 164,5 (tepi atas kelas interval ke-3)
168 + 0,5 = 168,5 (tepi atas kelas interval ke-4)
172 + 0,5 = 172,5 (tepi atas kelas interval ke-5)

6.       Titik Tengah Kelas Interval, merupakan nilai yang diperoleh dari setengah kali jumlah batas bawah dan batas atas kelas interval.
Dari tabel diatas :
 (153+156) = 154,5 (titik tengah kelas interval ke-1)
 (157+160) = 158,5 (titik tengah kelas interval ke-2)
 (161+164) = 162,5 (titik tengah kelas interval ke-3)
 (165+168) = 166,5 (titik tengah kelas intervalke-4)
 (169+172) = 170,5 (titik tengah kelas interval ke-5)

7.       Panjang Kelas atau Lebar Kelas, merupakan nilai yang diperoleh dari selisih positif tepi bawah dan tepi atas kelas interval.
Dari tabel diatas :
156,5 – 152,5 = 4 (panjang kelas atau lebar kelas ke-1)
160,5 – 156,5 = 4 (panjang kelas atau lebar kelas ke-2)
164,5 – 160,5 = 4 (panjang kelas atau lebar kelas ke-3)
168,5 – 164,5 = 4 (panjang kelas atau lebar kelas ke-4)
172,5 – 168,5 = 4 (panjang kelas atau lebar kelas ke-5)

Ø  Histogram dan Poligram Frekuensi
Dari tabel distribusi frekuensi data kelompok tadi, dapat dibuat diagram Histogram. Histogram adalah diagram yang berupa batang-batang atau persegipanjang-persegipanjang tegak yang saling berimpit. Lebar persegipanjang sebanding dengan lebar kelas dan tinggi persegipanjang sebanding dengan besar frekuensi kelas interval masing-masing.
Sedangkan Poligram frekuensi adalah garis patah-patah yang menghubungkan titik tengah – titik tengah sisi atas histogram.



Ø  Frekuensi Kumulatif kurang dari
Frekuensi kumulatif kurang dari (fk≤) adalah jumlah frekuensi yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan nilai tepi atas suatu kelas interval.
Contoh : membuat tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih daridari tabel distribusi frekuensi berkelompok berikut.

Tinggi badan

Frekuensi

153 - 156
6
157 - 160
9
161 - 164
13
165 - 168
7
169 - 172
5
Jumlah
40

Penyelesaian     :
Tepi bawah kelas (cm)

FK “≥“

≥ 152,5
40
≥ 156,5
34
≥ 160,5
25
≥ 164,5
12
≥ 168,5
5
≥ 172,5
0



Ø  Ukuran Pemusatan Data
1.       Mean (rata-rata)
·      Menggunakan titik tengah
Description: F:\ScreenCapture\SC20150410-165457.png





·      Menggunakan simpangan rata-rata sementara
Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150410-165457.png





Jadi, mean (rata-rata) dari data tinggi badan 40 siswa tadi adalah :
interval
F1
X1
F1x1
153 - 156
6
154,5
927
157 - 160
9
158,5
1426,5
161 - 164
13
162,5
2112,5
165 - 168
7
166,5
1165,5
169 - 172
5
170,5
850



6481,5

Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150410-165508.pngDescription: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150410-165508.png
40                                                      6481,5
Description: F:\ScreenCapture\SC20150410-165457.png






   =
   = 162, 0375 cm

2.       Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150410-165512.pngModus
Rumus          :
Mo    = modus
b      = batas bawah kelas interval dengan frekuensi terbanyak
p      = panjang kelas interval
b1      = frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi kelas sebelumnya
b2    = frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi kelas sesudahnya

jadi, modus dari data tinggi badan 40 siswa tadi adalah            :
Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150410-165512.png

 Mo    = 160,5 + x 4
        = 160,5 + ( x 4
        = 160,5 + 1,6
        = 162,1 cm
3.      Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150411-160350.pngMedian
Rumus       :

                  
Me   = Median
                   Tb    = tepi bawah median
                         F        = frekuensi komulatif sebelum kelas median
                         n        = jumlah data
                         f         = frekuensi data pada kelas median
                         p       = panjang internal kelas

jadi, median dari data tinggi badan 40 siswa tadi adalah          :
Tinggi badan

Frekuensi

153 - 156
6
157 - 160
9
161 - 164
13
165 - 168
7
169 - 172
5
Jumlah
40

Penyelesaian             :
Interval

Frekuensi

F1
153 - 156
6
6
157 - 160
9
15
161 - 164
13
28
165 - 168
7
35
169 - 172
5
40
Jumlah
40


                        







Description: D:\Tugas\MATEMATIKA\SC20150411-160350.png
156,5



                                = 156,5 + 4
                        
                                = 156,5 + 4 (
                               
                                = 156,5 + 4 (
                               
                                =156,5 + 1,54


                                = 158,04 cm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban kisi UN Bahasa Indonesia

Soal dan Jawaban Teks Editorial essay dan pilihan ganda

Contoh soal dan jawaban Cerita Novel