Soal dan Jawaban kisi UN Bahasa Indonesia

Bacalah pernyataan dibawah ini!
(1)               Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yang harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang juga disebut pemanasan global itu menentukan peri-kehidupan kita selanjutnya. (2) Contohnya, jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. (3) Langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. (4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. (5) Bahkan, masih harus ada tindak Ianjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektif kondisi jalan itu secara terus menerus.
1.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor .....
A. (1)               D. (4)
B. (2)               E. (5)
C. (3)

Bacalah pernyataan dibawah ini!
(1) Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal belum buku digital yang diakses dari diinternet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.
2.        Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. empat puluh sembilan judul buku digital
B. buku pelajaran digital di internet
C. kemungkinan penggunaan buku digital
D. keuntungan program buku digital
E. pengetahuan guru tentang buku digital

Kehadiran redaksional akan percuma jika hanya untuk mengoreksi pemakaian tanda baca huruf besar, huruf miring, atau membuan kata-kata mubazir.
3.      Istilah yang tepat untuk mengganti kata tercetak miring tersebut adalah ....
A. redaktur                  D. korektor
B. redaktor                  E. koreksi
C. redaksi

Bacalah pernyataan dibawah ini!
Seseorang yang sifatnya mengganggu lingkungan akan dijauhi atau dikucilkan dalam lingkungannya. Begitu pula kotoran ayam, tidak berguna dan dibuang orang. Dahulu, kotoran ayam selalu menjadi sumber masalah, seperti baunya yang tidak sedap dan sumber penyakit. Orang yang disebut sampah masyarakat, selalu membuat onar atau meresahkan. Begitu pula ayam cenderung hidup liar sehingga kotorannya pun berceceran di mana-mana. Sampah masyarakat terbiasa hidup tidak teratur dan membawa pengaruh negatif pada lingkungan dia berada. Bila mereka dibekali keterampilan, dapat berguna bagi dirinya sendiri dengan orang lain. Begitu pula kotoran ayam, kini dimanfaatkan sebagai makanan ikan. Kotoran ayam bila diolah pun dapat menjadi pupuk. ...
4.      Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi tersebut adalah….
A. Pupuk dari kotoran ayam berguna bagi kesuburan tanaman sedangkan sampah berguna bagi masyarakat setelah diolah oleh masyarakat sehingga berusaha untuk memberdayakannya.
B. Menjadikan kotoran ayam sebagai pupuk sama halnya menjadikan seorang anak yang berguna bagi masa depan bangsa dan negara seperti tokoh masyarakat kebanggaan penduduk sekitarnya.
C. Mengolah kotoran ayam menjadi pupuk organik yang bermanfaat bagi tanaman sama sulitnya menjadikan seseorang sampah masyarakat menjadi manusia yang berguna sehingga orang dapat menerimanya dengan baik seperti orang lain.
D. Jadi, seseorang yang semula sampah masyarakat bila dibina akan berguna bagi masyarakat seperti kotoran ayam yang dimanfaatkan untuk pupuk dan makanan ikan.
E. Dengan berbagai upaya kita dapat mengubah benda yang semula tidak berguna menjadi sesuatu yang berguna dan dapat bermanfaat sebagaimana benda-benda yang lain sehingga tidak dibuang orang, seperti sampah.

Bacalah pernyataan dibawah ini!
(1) Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yang harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang juga disebut pemanasan global itu menentukan peri-kehidupan kita selanjutnya. (2) Contohnya, jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. (3) Langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. (4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. (5) Bahkan, masih harus ada tindak Ianjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektif kondisi jalan itu secara terus menerus.
5.      Kalimat penjelas yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah nomor ....
A. (1)               D. (4)
B. (2)               E. (5)
C. (3)

Bacalah kutipan cerpen berikut!
Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penangganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa.  Namun langkahku membuat Usman terusik, terutama dalam kasus Diah yang menurutku memerlukan penangganan khusus, bukan malah dikeluarkan dari sekolah, diah telah banyak menerima penderitaan, anak itu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.
6.      Konflik yang terjadi dalam kutipan novel atas  tentang ...
A.      Kemanusiaan
B.      Pendidikan
C.      Kehidupan Sosial
D.     Ekonimi
E.      Sosial budaya

Cermatilah cerpen berikut untuk nomor 7 - 8!
Yanti seorang anak yang rajin dan tekun. Ia rajin mengikuti pelajaran di sekolah. Setiap diadakan diskusi di sekolah, ia sering diminta tampil sebagai pembicara. Rata-rata empat jam sehari ia belajar sendiri di rumah. Bahkan, ia tidak segan-segan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum dimengerti, atau belum jelas. ...
7.      Pernyataan sebab berdasarkan cerpen diatas adalah ...
A.   Yanti anak yang selalu membantu temannya
B.   Yanti anak yang rajin dan tekun
C.   Yanti pandai berbicara
D.   Yanti anak yang tida tau malu
E.    Yanti anak yang selalu bermalasan

8.      Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Oleh karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya.
B. Jadi, Yanti mendapat penghargaan yang pantas dari sekolahnya.
C. Oleh karena itu, Yanti sangat dicintai dan dihormati teman-temannya.
D. Makanya Yanti bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini.
E. Sudah sepantasnyalah Yanti mendapat dukungan dari keluarganya.

Bacalah kutipan cerpen berikut!
Seingatku, setiap pagi ibulah yang memakaikan pakaianku yang berwarna merah dan putih itu. Dia pula yang menyisir rambutku, menggenakan topiku yang juga merah dan akhirnya memelukku erat sebagai bekal hariku bersekolah. Hari masih terang ketika sepeda Bpak terangguk-angguk menyusuri jalanan desa dan diriku masih terkantuk-kantuk di boncengan menuju sekolah. Ketika sudah kudengar kicau burung dan kabut mulai minyibak, kita sampai di mulut desa. Sepeda tua Bapak, dengan karat di sana-sininya, masih mengerit-gerit menuju sekolahku. “Di sana nanti kamu akan tahu mengapa kita seperti ini. Dan kuharap Bapak masih sempat menyaksikan kamu tidak seperti kami...” itu ucapannya yang masih kuingat hari pertamaku sekolah.
9.      Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A.      Setiap warga negara Indonesia wajib belajar 9 tahun
B.      Hari pertama sekolah paling membahagiakan siswa-siswi
C.      Orang tua wajib menguasahakan pendidikan bagi anak-anaknya
D.     Carilah ilmu sampai ke sekolah yang paling jauh
E.      Pendidikan dapat memperbaiki tingkat kehidupan seseorang

Bacalah cerpen dibawah ini!
10.  (1) “Bung, tolong matikan rokoknya, bus ini akan tambah pengap dengan asap rokok Bung!”
(2) “Iya, tolong matikan rokoknya,” kata penumpang lain.
(3) akan tetapi, pemuda itu tenang-tenang saja.
(4) “Bung, tidak dengar ya?”
(5) Pemuda itu menatap tajam.
(6) “Peduli apa,pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa harus minta permisi dulu untuk merokok,” katanya ketus.
(Asap-asap rokok, Hidayat M)
Pernyataan yang mengugkapkan pemuda perokok berwatak sangat egois, dapat dibuktikan pada kalimat ...
A.      1, 3 dan 5
B.      1, 4 dan 6
C.      2, 3 dan 4
D.     2, 4 dan 6
E.      3, 5 dan 6


Bacalah kutipan novel berikut!
 “Ini dia, Daeng,” ujarku, lalu engkau kuambil. Ah, Zainuddin! Engkau masih saja tertawa waktu itu, tak engkau ketahui bahwa ibumu akan berangkat meninggalkan engkau buat selmatnya, engkau tertawa dan melonajak-lonjak dalam pangkuanku. Aku bawa engkau ke mukanya. Maka dibalutnya seluruh badannya dengan tangganya yang tinggal jangat pembalut tulang. Digamitnya pula ayahmu yang matanya telah balut itu pun mendekat pula. Dia berbisik ke telingga ayahmu “Jaga Zainuddin, Daeng.”
Dikutip dari: Hamka, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Jakarta, Percetakan Bulan Bintang, 2002
11.  Nilai yang dapat kita ambil dari cerpen diatas....
A.      Kasih sayang seorang ibu kepada anaknya
B.      Kematian yang dapat datang kapan saja
C.      Pertemuan ibu dengan anaknya yang telah lama pergi
D.     Kebakitian anak terhadap ibunya
E.      Percakapan antara ibu dan anaknya

Bacalah novel dibawah ini!
(1) Dia mengenakan kalung emas yang bertaksir dua puluh gram. (2) Aku yang gelisah melihat kalung emas itu, sedang dia tenang-tenang saja. (3) Dia buka sedikit kerah bajunya karena terik matahari itu sehingga kalung emas itu tampak jelas lekat pada kulit dadanya yang putih. (4) Dia seolah tampak ingin menyombongkan perhiasan itu, memamerkan miliknya kepada orang lain. (5) Pada saat seperti itulah datang dua orang lelaki dari dalam gang dan langsung menodongkan pisau. (6) Kalung itu nampak olehku putus dan menimbulkan bekas merah pada wanita muda itu. (7) Kedua laki-laki itu dengan cepat menghilang masuk ke dalam gang melarikan perhiasan wanita muda itu. (8) Aku lihat wanita muda itu tenang-tenang saja. (9) Tampaknya aku lebih gelisah dibandingkan dengan dia. (10) "Jangan Bung pikirkan kejadian itu, itu kalung imitasi! (11) Dengan uang lima ratus atau seribu rupiah, aku sudah bisa memilikinya lagi. (12) Banyak dijual kalung imitasi seperti itu." (13) Dia tersenyum padaku.
(Perbuatan Sadis, Hamsah Rangkuti)
12.  Watak tokoh "wanita" yang suka pamer pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. (3), (4), dan (8)
B. (3), (4), dan (11)
C. (3), (8), dan (9)
D. (3), (8), dan (10)
E. (3), (10), dan (12)

(1)               Perahu terombang-ambing pelan (2) Jasmine memperbaiki posisi snorkel (3) Tegar meneriakkan agar tidak jauh-jauh (4) Jasmine mengacungkan tangannya (5) Dari sini terlihat betul betapa senangnya Jasmine.
13.  Kalimat yang menunjukkan latar tempat terdapat dalam nomor ...
A.      1
B.      2
C.      3
D.     4
E.      5

Bacalah teks drama dibawah ini!
“Enak jadi Dona, ya?” kata Sifa sambil menatap Dona.
“Mengapa?” Fifi yang ada di samping Dona langsung menyahut.
“Dia cantik dan juga pintar,” kata Sifa
“Kamu juga cantik dan kamu juga bisa pintar kalau mau,” kata Fifi.
“..........”
“Dengan rajin belajar kamu bisa seperti Dona,” kata Fifi meyakinkan menepuk bahunya.
14.  Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ...
A. “Bagiamna caranya?” tanya Sifa
B. “Mungkinkah itu” tanya Sifa
C. “Ah kamu menyindir ya!”
D. “Ampun aku menyerah saja”
E. “Dona sulit disaingi” kata SIfa

Bacalah dialog dibawah ini!
(1) “Bung, tolong matikan rokoknya, bus ini akan tambah pengap dengan asap rokok Bung!”
(2) “Iya, tolong matikan rokoknya,” kata penumpang lain.
(3) akan tetapi, pemuda itu tenang-tenang saja.
(4) “Bung, tidak dengar ya?”
(5) Pemuda itu menatap tajam.
(6) “Peduli apa,pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa harus minta permisi dulu untuk merokok,” katanya ketus.
(Asap-asap rokok, Hidayat M)
15.  Isi yang tepat dari dialog diatas adalah ...
A.   Seseorang yang tidak peduli dengan kepentingan orang lain
B.   Tetap merokok di dalam bus
C.   Marah kepada pemuda perokok
D.   Merasa tidak berdosa
E.    Menjawab pertanyaan dengan ketus

Bacalah dialog dibawah ini!
(1)     “Ehm... ehm... saya mendalami kaligrafi Tad... ehm dan perlu ke Ponorogo untuk tambah alat..” kalimat yang sudah aku bayangkan tadi berantakan di bawah sorot mata Ustad Torik yang bikin ngilu
(2)     “Kamu mgomong apa? Bicara yang jelas, lihat mata saya!” potongnya. Matanya yang dalam mencorong tajam.
(3)     Aku mengangkat muka, walau ngeri aku coba pandang mukanya, hanya sampai bagian jenggot. Matanya terlalu tajam. Dengan susah payah aku coba kembali susun kalimat di kepala.
(4)     “Ustad, saya mau beli kalam kaligrafi di kota karena di sini tidak ada....” “Tidak mungkin. Saya juga kaligrafer, semua alat tersedia di sini,” katanya memotong cepat.
(5)     “Tapi... tapi... kalam yang ada hanya untuk kaligrafi biasa. Saya ingin mencoba kaligref khouf yang penuh garis-garis dan hiasa daun, Tad. Lebih dibutuhkan spidol tebal tipis dan penggaris dibadingkan kalam biasa,” belaku.
16.  Watak ustad yang tegas diungkap melalui ...
A.   Dialog tokoh
B.   Tanggapan tokoh lain
C.   Keadaan sekitar tokoh
D.   Pikiran tokoh
E.    Uraian langsung pengarang

Bacalah pernyataan dibawah ini!
Berbagai cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk dapat berebut kursi di perguruan tinggi favoritnya. Ada siswa belajar keras sampai begadang ... ada yang mengikuti berbagai bimbingan tes. Di samping itu, ada yang melalui jalur khusus, yaitu pemberian kesempatan kepada siswa yang mampu secara finansial untuk duduk di universitas pilihannya. Ada juga yang masuk universitas tanpa tes ... dia memiliki prestasi gemilang ... memiliki nilai akademis yang ditargetkan suatu perguruan dengan melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), dan ada juga melalui jalur pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi.
17.  Kata rumpang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. dan, karena, atau
B. dan, tetapi, atau
C. hingga, karena, tetapi
D. hingga, jika, atau
E. dan, jika, tetapi

Bacalah cerita dibawah ini!
Aldi hanya tamatan SMA dan memiliki pekerjaan rendah sebagai tenaga tata usaha di sebuah kantor pemerintah. Dia menyenangi seorang gadis cantik, Siren namanya, anak orang kaya di kampungnya, berpendidikan tinggi (S-1), dan sebagai atasan di kantor tempat Aldi bekerja. Kalau Aldi meminangnya, orang tua Siren mungkin akan keberatan menerimanya karena perbedaan status sosial. Padahal, dia sudah lama memimpikan memperistri Siren. Ya, mimpi, tinggal mimpi sesuatu yang tidak mungkin dapat diraihnya, seperti kata peribahasa, "…".
18.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi cerita tersebut adalah ...
A. Tak ada gading yang tak retak.
B. Karena hati mati, karena mata buta.
C. Seperti berumah di tepi pantai.
D. Lempar batu sembunyi tangan.
E. Bagai pungguk merindukan bulan.

Bacalah pantun dibawah ini!
Daun terap diatas dulang
Anak udang mati di tuba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba
19.  Makna pantun tersebut adalah ...
A.   Kita tidak boleh melakukan hal yang terlarang
B.   Kita dapat mencari udang di dulang
C.   Kitab terlarang tidak boleh dibaca
D.   Hal yang harap tidak boleh diingkari
E.    Membawa bekal saat kematian datang

Bacalah kutipan gurindam berikut!
Kurang fikir kurang siasat
Tentu dirimu kelak tersesat
20.  Maksud isi kutipan gurindam tersebut adalah .....
A. Sifat cermat dalam berbuat membawa kesuksesan.
B. Berpikir dalam bertindak, belum tentu selamat.
C. Tiada guna menyesal bila sudah tersesat.
D. Sifat terlalu hati-hati akan baik hasilnya.
E. Sifat kurang cermat berpikir akan membawa kerugian.

Bacalah puisi berikut dengan cermat!
Sampai di manakah cinta Ayah dan Ibu, Anakku
Kalau tidak hingga ke ujung-ujung jari
Akan tinggal saja menggapai, melambai dari stasiun kecil Pelabuhan terpencil
Kemudian engkau sendirilah Ayah dan Ibu dari Nasibmu
Terimalah Bumi dan Langit, hujan terik
Siang serta malam hari kalbumu
Sekali kan tiba saat kau tegak sendiri
Berdirilah atas bahu kami, ya pijaklah kepala kami
Jangkau bintang-bintang yang dari abad ke abad Cuma dapat kami tengadahi!
(Karya Zaini K.M.)
21.  Maksud puisi tersebut adalah ...
A. Ajakan orang tua untuk menuju kesuksesan anaknya.
B. Orang tua yang sangat menyayangi anaknya hingga ke ujung jari
C. Anak yang sudah berhasil meraih cita-cita berkat ketekunannya.
D. Kasih sayang dan perjuangan orang tua kepada anak selalu mengalir siang dan malam.
E. Nasib seorang anak bergantung pada kasih sayang orang tua.

Permainan mobil mini 4 WD mungkin bukan hal asing lagi. Permainan balap mobil mini yang diperkenalkan pertama kali oleh Tamiya pada tahun 1982 ini sanggup menarik minat banyak penggemar di banyak negara, termasuk Indonesia. Berbagai lomba Tamiya diadakan diseluruh pelosok negeri ini, tidak hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil pun lomba beradu Tamiya ini kian marak. Permainan ini telah menjadi kegemaran baru bagi penduduk bumi.
22.  Teks eksposisi diatas memjelaskan tentang  ...
A.   Permainan mobil mini 4 WD mungkin bukan hal asing bagi kita
B.   Permainan balap mobil mini yang diperkenalkan pertama kali oleh Tmiya pada tahun 1982 ini sanggup menarik minat banyak penggemar di banyak negara, termasuk Indonesia
C.   Berbagai lomba Tamiya diadakan diseluruh pelosok negeri ini, tidak hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil pun lomba beradu Tamiya ini kian marak
D.   Permainan ini telah menjadi kegemaran baru bagi penduduk bumi
E.    Tamiya buming diseluruh pelosok negeri

Bacalah teks berikut!
Kalimat pendapat       : Kopi mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kalimat Argumentasi  :
(1) Kopi memiliki kandungan senyawa bersifat antibakteri
(2) Kopi mampu membunuh bakteri yang ada dalam mulut
(3) Kopi memiliki cita rasa yang nikmat
(4) Kopi dapat mencegah gigi berlubang
(5) Kopi mengandung zat trignelline
23.  Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ...
A.   1 dan 3
B.   2 dan 3
C.   2 dan 4
D.   3 dan 4
E.    3 dan 5

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pengembangan kecerdasan emosional lebih mudah ditanamkan pada anak sejak dini. Tugas-tugas yang dapat diselesaikan oleh anak dengan baik akan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya. Ketidak cerdasan emosional membuat anak di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, gamang bersikap.
24.  Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Untuk menangani hal ini, anak-anak sejak dini dibiasakan hidup mandiri dan selalu belajar.
B. Anak-anak merupakan korban yang tidak terduga dari dua kekuatan dunia dan zaman.
C. Hendaknya generasi - sekarang sudah dilatih mengembangkan kecerdasan emosionalnya sejak dini.
D. Generasi sekarang lebih banyak mengalami kesulitan emosional, lebih kesepian, dan pemurung.
E. Anak-anak supaya belajar sopan santun dan belajar menghargai orang lain dan belajar senantiasa.

Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama!
Musim hujan di desaku telah tiba. Jalan jalan berdebu kini sudah tidak tampak lagi. Daun-daun yang dahulu kusam karena lekatnya debu, kini hijau menyejukkan mata. Ranting-ranting pohon kini mulai ditumbuhi tunas baru. Ilalang turut menyembul di antara rerumputan yang menghijau….
25.  Kalimat yang tepat urituk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Pak tani harus mencangkul tanah persawahan mereka dari pagi hingga petang.
B. Alam desaku terlihat hijau, subur, dan sejuk kembali.
C. Penduduk desa bersenda gurau menyambut suasana itu.

D. Saat itu pak tani segera mencangkul tanah persawahan dan ladangnya.
E. Sawah dan ladang pak tani menunggu ayunan cangkulnya.

Cermati isi dan urutan kalimat berikut!
(1) Isu pemanasan global mendapat respons dari herbagai bidang.
(2) Secara sederhana, konsep itu dipahami sebagai konsep properti yang ramah lingkungan.
(3) Penerapannya dapat berupa penghijauan dengan penanaman pohon.
(4) Berkaitari dengan isu tersebut, banyak industri properti yang telah mencanangkan "properti hijau".
(5) Kehadiran pohon di tengah lautan beton diharapkan dapat mengurangi karbon-dioksida di udara.
26.  Urutan yang tepat untuk kalimat diatas adalah ...
A.   1 – 2 – 3 – 4 – 5
B.   1 – 4 – 2 – 3 – 5
C.   1 – 2 – 4 – 3 – 5
D.   5 – 1 – 4 – 2 – 4
E.    5 – 2 – 3 – 1 – 4

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1)               Menjelang Ujian Nasional para siswa mempersiapkan diri agar memperoleh nilai yang memuaskan (2) Banyak cara yang diakukan para siswa sebelum menempuh ujian (3) Para siswa memiliki banyak uang bisa mengikuti bimbingan belanjar atau mendatangi guru privat ke rumah (4) Namun, bagi para siswa yang uangnya pas-pasan, mereka dapat membentuk kelompok belajar atau mengikuti pendalaman materi yang diadakna oleh sekolah (5) Pendalaman untuk materi yang dilaksanakan di sekolah tidak mahal.
27.  Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut terdapat dalam nomor ...
A.   5
B.   4
C.   3
D.   2
E.    1

Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Keritik adalah tanggapan yang berisi uraian atau pertimbangan baik atau buruk dalam menilai suatu karya. Dalam hal ini adalah karya sastera. Keritik biasanya diakhiri dengan kesimpulan analisis. Tujuan keritik bukan hanya menunjukkan keunggulan, kelemahan, benar, dan salahnya sebuah karya sastera dipandang dari sudut tertentu, tetapi tujuan akhirnya adalah menorong sastrawan untuk mencapai penciptaan sastera setinggi-tingginya juga mendorong pembaca untuk mengapresiasi karya sastera dengan lebih baik.
28.  Penggunaan kata tidak baku dalam paragraf tersebut dapat diperbaiki sebagai, berikut ...
A.   Kritik, sastra, menunjukkan
B.   Keritikan, sastrawan, tunjukkan
C.   Kritik, sastraan, tunjukan
D.   Kritikan, sastera, menunjukkan
E.    Kritik, sastera, tunjukkan
Bacalah paragraf berikut!
(1)     Minum dapat dibedakan menjadi dua jenis
(2)     Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dan minuman penghilang rasa haus
(3)     Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat dari sayuran dan buah-buahan yang diblender menjadi jus
(4)     Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik utuk kesehatan dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh
(5)     Banyak orang menjual jus di pinggir jalan
29.  Kalimat yang tidak padu dalam teks diatas ...
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.    5

Anggota partai itu ... sisa dana tahun lalu kepada bendera partai.
30.  Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ...
A.   Mempertanyakan
B.   Memperkatakan
C.   Mempersedekahkan
D.   Mempertabungkan
E.    Memperbanyak

Cermatilah judul karangan berikut!
Judul karangan : integrasi alam dan sains dalam pendidikan agama
31.  Penulisan judul karangan yang sesuai dengan EYD adalah.... '
A. Integrasi Alam dan Sains dalam Pendidikan agama
B. Integrasi Alam Dan Sains Dalam Pendidikan Agama
C. Integrasi Alam dan Sains dalam Pendidikan Agama
D. Integrasi alam Dan sains Dalam pendidikan agama
E. Integrasi alam dan sains dalam pendidikan agama

Penulis baru menyadari kesalahan dalam karangannya
32.  Penulisan tanda baca yang tepat untuk kalimat diatas adalah ...
A.   Penulis baru, menyadari kesalahan dalam karangannya.
B.   Penulis, baru menyadari kesalahan dalam karangannya.
C.   Penulis baru menyadari, kesalahan dalam karangannya.
D.   Penulis, baru menyadari, kesalahan dalam karangannya.
E.    Penulis baru menyadari kesalahan dalam karangannya.

Perhatikan Alamat surat dibawah !
Yth. Bapak Direktur PT. Angin Topan
Jalan angkasa baru No. 50
Jakarta Timur
13.  Perbaikan penulisan alamat surat yang tepat ....
A.   Yth. Direktur PT. Angin Topan
Jalan Angkasa baru No. 50
B.   Yth. Direktur PT. Angin Topan
Jalan Angkasa baru No. 50
Jakarta Timur
C.   Yth. Direktur PT. Angin Topan
Jalan Angkasa Baru No. 50
Jakarta Timur
D.   Yth. Direktur pt. Angin Topan
Jl. Angkasa Baru No. 50
Jakarta Timur
E.    Yth. Direktur PT. Angin Topan
Jl. Angkasa baru No. 50
Jakarta Timur
Cermatilah lowongan lapangan kerja berikut!
Lowongan kerja
Dibutuh segera:
2 orang tenaga accounting pada perusahaangarmen
-Umur 25 tahun
-S-1 akuntansi
-Berpengalaman min 1 tahun
Lamaran kirim ke
PO BOX TGR 1111
Tribun, 22 April 2008 
34.  Kalimat pembuka surat lamaran yang sesuaidengan iklan tersebut adalah 
A.   Saya Accounting berpengalaman untuk itu saya mengajukan lamaran kerja diperusahaan Bapak.
B.   Yang bertanda tangan dibawah ini, Reza, 28tahun Sarjana Akuntansi berpengalaman mengajukan lamaran pekerjaan diperusahaan Bapak.
C.   Saya membaca iklan Bapak di muat di tribun22 Aprl 2008, yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga accounting.
D.   Berdasarkan ikalan di majalah Tribun, selasa, 22 April 2008, saya mengajukan lamaran sebagai tenaga accounting di perusahaanyang Bapak pimpin.
E.    Dengan ini saya megajukan permohonan pekerjaan sebagai tenaga accounting karena saya berpengalaman di bidang itu.

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Cerpen Bom akan sulit dipahami oleh orang awam. Ini mungkin saja mengingat kurang—untuk tidak mengatakan tidak—komunikatif yang disebabkan oleh bentuknya yang nonkonvensional di samping isinya yang cukup berat bagi pembaca awam dan teramat intelek. Nilai cipta sastra tidak ditentukan oleh melimpah rualinya penggemar. Putu Wijaya bukannya tidak menyadari masalah ini. Sebagai seorang pengarang (sastra), dia berusaha tegak sebagai suatu pribadi yang merekam kegelisahan diri maupun masyarakat dengan cara sedemikian rupa jauh dari motif memberontak, suatu sikap yang dimiliki seorang penyair cenderung menyajikan problematika.
35.  Kalimat kritik yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ...
A.      Cerpen Bom karya Putu Wijaya isi ceritanya seharusnya komunikatif, apalagi bentuknya yang nonkonvensional supaya dapat dipahami pembacanya.
B.      Cerpen Bom karya Putu Wijaya mempunyai nilai sastra disebabkan melimpah ruahnya penggemarnya yang membaca buku karyanya.
C.      Cerpen Bom karya Putu Wijaya merekam kegelisahan diri maupun masyarakat yang jauh dari motif pemberontak.
D.     Putu Wijaya mengarang cerpen Bom yang cenderung menyajikan problematika kehidupan manusia.
E.      Nilai sastra tidak ditentukan oleh melimpah ruahnya penggemar karya sastra tersebut.

Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!
Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya. Secara sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang di bagian tubuh mana pun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis, terkena paru-paru, dan akan menjadi bronkitis.
36.  Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ....
A.      Infeksi yang menyerang otak manusia
B.      Infeksi yang mengenai paru-paru manusia
C.      Kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia
D.     Infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu
E.      Antibiotik yang diproduksi dari tumbuhan tingkat tinggi

Bacalah paragraf berikut lalu kerjakan soal nomor 14 dan 15!
(1)      Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal belum buku digital yang diakses dari diinternet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.
37.  Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor....
A.        1
B.        2
C.        3
D.       4
E.        5

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!
Transportasi tidak pernah lepas dari aktivitas manusia dalam menjalankan hidup. Transportasi tidak hanya menj adi hal yang lumrah ada di setiap komunitas manusia karena semakin lama, kualitas dan pengaruhnya terhadap kehidupan mulai menjadi perhatian.  
Kini transportasi merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah komunitas, kawasan; atau wilayah. Bahkan, menjadi salah satu indikator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak menjalankan otonomi daerah. Beberapa wilayah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh jalan beraspal, setelah otonomi daerah, jalan jalan kampung pun diaspal.
Masalah transportasi ini tidak saja menjadi beban pemerintah untuk memperbaiki dan mengadakan secara fisik, tetapi juga pengaturan-nya sangat berpengaruh karena transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia.
38.  Simpulan pendapat penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana adalah ...
A.      Pemerintah seharusnya memperhatikan kerusakan jalan.
B.      Transportasi yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.
C.      Dengan adanya otonomi daerah jalan di kampung-kampung sudah diperbaiki.
D.     Transportasi merupakan penentu kemajuan kehidupan manusia.
E.      Lancarnya transpoitasi dapat meningkatkan komunikasi.

Cermati kedua kutipan resensi berikut !
Kutipan 1
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini mempunyai judul yang menarik, yakni Kidung Kebekuan. Kidung bisa diartikan lagu atau nyanyian, sedangkan kebekuan merupakan metafora dari rasa dingin, sunyi, sepi. Kesan pertama yang muncul dari cerpen ini memang berangkat dari judulnya. Kidung Kebekuan dapat saya interprestasikan sebagai kisah yang diselimuti kesepian. Cerpen merupakan sebuah bentuk yang utuh yang didukung unsur-unsur di dalamnya. Salah satunya adalah unsur imajinatif. Kidung Kebekuan merupakan cerita realis imajinatif yang berangkat dari sebuah kisah nyata dari seorang sahabat pengarang.
Kutipan 2
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini banyak diselimuti kesedihan. Keseluruhan cerpen ini, baik inenyangkut tema, isi cerita, maupun amanat merupakan refleksi dari realitas sosial yang sering dijumpai dalam masyarakat sehingga membuat pembacanya lebih peka terhadap realitas kehidupan. Cerpen ini menceritakan kemelut batin yang dialami tokoh aku. Pergulatan atau konflik batin dalam cerpen ini sangat kental. Konflik batin dirasakan oleh tokoh aku yang digunjingkan sebagai pembuat aib keluarga. Narasi pada cerpen ini membuat pembaca mengikuti alur demi alur dengan konflik yang ada. Gaya penceritaan yang halus, bahasa cukup sederhana sehingga langsung dapat dicerna dan nikmati oleh pembaca.
39.  Resensi disertai alasan yang tepat terdapat pada ...
A.      Kutipan 1 karena berisi judul, penjelasan tentang pengertian cerpen dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen.
B.      Kutipan 1 karena isi mencakup judul, temtt, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan keuriggulan cerpen.
C.      Kutipan 2 karena isi mencakup judul dan pengarang, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan keunggulan cerpen.
D.     Kutipan 2 karena berisi penjelasan tentang cerpen dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen, dan keunggulan cerpen
E.      Kutipan 2 karena berisi penjelasan tentang judul dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen, dan keunggulan cerpen.


Cermati teks berikut!
Pada tahun 1950-an, Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai taulan yang datang kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta. "Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri," kata Adi Sasono, Ketua Pelaksana Peringatan Satu Abad Bung Hatta.
40.  Keteladanan Bung Hatta sesuai isi teks adalah...
A.      Ia tidak mau meminta-minta hanya untuk kepentingan orang lain.
B.      Ia berusaha menabung agar bisa membeli segala yang diidamkannya.
C.      Ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri.
D.     Uang tabungannya selalu terambil untuk keperluan rumah tangga.
E.      Semua uang tabungannya untuk membantu handai taulannya.

Bacalah teks berikut dengan cermat!
Aktivitas masyarakat dalam menyambut tahun baru, bagai angin lalu yang pergi begitu saja tanpa makna. Penyambutan tahun baru itu hanya berupa pesta pora dan hurahura yang tidak memberikan keuntungan sedikit pun kepada masyarakat. Masyarakat justru mengorbankan harta bendanya untuk penyambutan tahun baru dan mereka sendiri yang merasakan dampak buruknya.
41.  Tujuan penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah ....
A.      Menginformasikan bahwa mereka merayakan tahun baru dengan berpesan bagaikan angin lalu saja.
B.      Mengimbau agar merayakan tahun baru cukup berpesta bersama keluarga dan teman-teman.
C.      Menjelaskan bahwa merayakan, tahun baru itu ada dampak positif dan dampak negatifnya.
D.     Menasihati supaya mengeluarkan uang untuk merayakan tahun baru jangan sampai mengor-bankan harta.
E.      Mengingatkan bahwa merayakan tahun baru tidak ada gunanya dan berdampak buruk.












41.
 
 


Diagram untuk nomor 43-45.
LIMA BESAR NEGARA YANG BANYAK DIKUNJUNGI WISATAWAN MANCANEGARA PADA TAHUN 2009














43.  Pernyataan yang sesuai dengan data grafik tersebut adalah ...
A.      Negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah Prancis.
B.      Negara yang paling sedikit dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah Prancis.
C.      Cina lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara daripada Spanyol.
D.     Semua negara Eropa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara lebih dari 50 ribu orang.
E.      Wisatawan mancanegara lebih banyak berkunjung ke USA daripada Spanyol.

44.  Pernyataan yang tidak benar berdasarkan diagram adalah ...
A.      Inggris merupakan negara yang paling sedikit dikunjungi wisatawan pada tahun 2009
B.      Jumlah pengunjung USA lebih banyak daripada cina
C.      Spanyol menduduki deret atas daerah yang sering dikunjungi wisatawan
D.     Pengunjung negara spanyol lebih kecil daripada prancis
E.      Jumlah pengunjung cina pada tahun 2009 mencapai 40ribu

45.  Simpulan data tabel tersebut adalah ...
A.      Wisatawan mancanegara lebih tertarik mengunjungi negara Eropa.
B.      Negara yang paling sedikit dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah Cina.
C.      Cina merupakan pilihan utama bagi wisatawan mancanegara dari Asia.
D.     Negara tujuan bagi wisatawan mancanegara yang kedua adalah Amerika.
E.      Sebagian besar turis mancanegara memilih wisata ke Cina daripada Inggris.

46.  Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah ...

Cermati teks berikut!
Pada tahun 1950-an, Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai taulan yang datang kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta. "Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri," kata Adi Sasono, Ketua Pelaksana Peringatan Satu Abad Bung Hatta.
47.  Keteladanan Bung Hatta sesuai isi teks adalah...
A.      Ia tidak mau meminta-minta hanya untuk kepentingan orang lain.
B.      Ia berusaha menabung agar bisa membeli segala yang diidamkannya.
C.      Ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri.
D.     Uang tabungannya selalu terambil untuk keperluan rumah tangga.
E.      Semua uang tabungannya untuk membantu handai taulannya.

Cermatilah isi paragraf berikut!
Rani kini... keluarganya. Dia sampai hati mengotori nama baik ayah-ibunya yang menjadi pemuka masyarakat di kampungnya. Rani sudah tergiur oleh harta dan kesenangan dunia sehingga mau melakukan perbuatan yang memalukan itu.
48.  Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.        mengunci mulut
B.        menutup hati
C.        menepuk dada
D.       mencoreng muka
E.        mencuci tangan

Cermati paragraf berikut!
Selalu ingin melakukan .... Itulah prinsip yang dipegang Bakri. Ia mencoba mengolah buah belimbing yang melimpah pada saat musim hujan menjadi sebuah penganan yang enak dan unik untuk selai. Dicobanya beberapa kali agar mempunyai .... Berkah yang dirasakannya dengan ... itu, ia banyak mendapatkan pesanan.
49.  Kata-kata serapan yang baku penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.        inovasi, kualitas, sistem
B.        inovator, berkualitas, sistim
C.        inovasi, kualitas, sistim
D.       penginovasi, kwalitas, bersistem
E.        inofasi, kwalitas, sistem

Cermati paragraf berikut!
Udara pagi ini di persawahan ... dan ... Daun-daun padi ditiup angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca di langit ... tidak tertutup awan. Kuhirup udara dan tercium wangi dedaun padi. Hatiku semakin terasa damai.
50.  Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.      hampir cerah, segar sekali, biru bersih
B.      sangat cerah, segar sekali, biru bersih
C.      sangat cerah, agak dingin, sangat kelabu
D.     hampir cerah, agak panas, biru kelabu

E.     begitu cerah, cukup segar, sangat putih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Teks Editorial essay dan pilihan ganda

Contoh soal dan jawaban Cerita Novel