cliping fisika upaya menanggulangi global warming

DAFTAR ISI
Halaman judul                                                        1
Kata pengantar                                                                     2
Daftar Isi                                                                                 3
Bab 1 “Pendahulu”                                                               4
Latar Belakang............................
Rumusan Masalah.....................
Tujuan..........................................
Bab 2 “Pembahasan”                                                         5-7
Penutup                                                                                 8
Daftar Pustaka                                                                      9




BAB I
PENDAHULU
1.    Latar Belakang
Pemanasan Global (Global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Pemanasan Global memerlukan penanganan dalam mencegah, menguarangi, dan mengatasi dampak dari itu. Salah satu penyebab pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil dengan meningkatnya kadar CO di dunia akan meningkat sekitar 1% pertahun.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi pada masa depan, dan bagaimana pemanasan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Sebagian besar pemerintah negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengaruh emisi gas-gas rumah kaca. Tantangan yang ada adalah mengatasi efek yang timbul sambil melakukan langkah-langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa depan.

2.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana upaya menanggulangi Pemanasan Global?
2.      Bagaimana cara untuk mencegah Pemanasan Global secara Kolektif?

3.  Tujuan penelitian adalah:
1.        Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Fisika
2.        Untuk mengetahui pengertian Global Warming
3.        Untuk mengetahui upaya menanggulangi Global Warming
4.        Untuk mengetahui cara pencegahan Global Warming



BAB II
Pembahasan
1.    Upaya menanggulangi Pemanasan Global
Beberapa cara dalam mengurangi, mencegah, mengatasi, dan menanggulangi dampak dari pemanasan global lain sebagai berikut :
a.      Mengubah Perilaku Pribadi
Dengan merubah perilaku, pemahaman tentang pemanasan global yang ditanamkan hari ini akan berdampak besar pada generasi mendatang. Beberapa perilaku pribadi yang dapat dilakukan anatar lain :
-          Hemat Listrik : Sebagian besar CO2 dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Dengan demikian jika berhemat listrik maka secara tidak langsung kita menguarangi kadar CO2 di atmosfer.


-          Menanam pohon : CO2 digunakan tanaman untuk berfotosintesis, maka penanaman pohon dalam jumlah banyak akan menjadi solusi untuk menguarangi jumlah COdi atmosfer.


-          Mengurangi penggunaan Mobil : mobil sebagai penyumbang sumber CO2 perkotaan, juga perlu diantisipasi dengan mengubah perilaku orang. Penggunaan mobil pribadi menjadi penyumbang CO2 terbesar. Penggunaan transportasi umum yang mengangkut sekaligus banyak orang dapat mengurangi emisi CO2 diudara.



2.    Langkah pencegahan Pemanasan Global secara Kolektif
Upaya pencegahan pemanasan global juga dapat dilakukan secara bersama atau kolektif. Beberapa langkah yang dapat dilakukan secara kolektif anatara lain sebagai berikut :
a.      Menggunakan Energi Alternatif
Penggunaan energi ini perlu dilakukan di Indonesia. Pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang diuasahan diganti dengan energi bersih, seperti sinar matahari, air, angin, biomassa, dan panas bumi. Sumber energi tersebut sebenarnya berlimpah di Indonesia tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.

b.      Melestarikan Hutan
Masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama dalam menjaga hutan dari bahaya kebakaran dan penebangan liar agar luas hutan tidak berkurang.




c.       Menghapus penggunaan CFC
Untuk menghentikan penggunaan CFC pada peralatan pendingin, dapat dilakukan engan memberikan penyuluhan dan batuan kepada bengkel-bngkel sevis peralatan pendingin agar dapat mengelola penggunaan CFC.


d.      Mengurangi Karbon
Untuk mengurangi gas CO dapat dilakukan dengan hal-hal berikut ini :
Menanam dan memelihara tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida untuk proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan sangat tingggi, sedangkan tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali, karena tanah yang tidak subur lagi. Upaya reboisasi hutan merupakan langkah yang tepat untuk menyeimbangakan gas rumah kaca di atmosfer mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif, misalnya air, angin dan sinar matahari.



Penutup
Hasil kegiatan yang saya lakukan ini, berjalan dengan lancar meskipun kami sadari bahwa makalah yang saya buat ini jauh dari kesempurnaan. Namun, dengan melakukan kegiatan ini kami dapat mengetahui lebih banyak tentang proses pemuaian. Jadi saya simpulkan proses pemuaian banyak terjadi disekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.
Saya berharap, makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan semoga dapat memberikan banyak wawasan baru untuk pembaca.
Demikian makalah ini saya susun apabila terdapat kesalahan, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kritik atau saran akan saya terima untuk kemajuan dan perkembangan kami dimasa mendatang.



Daftar Pustaka
http://artikelsiana.com

http://id.wikipedia.org/wiki/globalwarming.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban kisi UN Bahasa Indonesia

Soal dan Jawaban Teks Editorial essay dan pilihan ganda

Contoh soal dan jawaban Cerita Novel